TURUT BERDUKA CITA ATAS TEWASNYA MANTAN PERDANA MENTERI PAKISTAN BENAZIR BHUTTO AKIBAT TEMBAKAN DAN SERANGAN BOM BUNUH DIRI DI RAWALPINDI PADA 27 DES 2007. BENAZIR BHUTTO ADALAH SIMBOL MODERNITAS DAN DEMOKRASI DI PAKISTAN. KAMI RAKYAT INDONESIA MENGUTUK KERAS AKSI TEROR TERSEBUT.

Malaysia Maling

Anwar Ibrahim: Rasa Sayange Lagu Indonesia
Sumber: Koran Tempo, Selasa, 30 Oktober 2007

JAKARTA -- Mantan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan pemerintah Malaysia sebaiknya mengakui bahwa lagu Rasa Sayange adalah lagu Indonesia.

"Akui saja itu lagu Indonesia," ujar Anwar dalam acara "Peningkatan Hubungan Indonesia-Malaysia Menuju Tatanan Kehidupan Global yang Berkeadilan dan Bermartabat" di Gedung Habibie Center, Jakarta Selatan, kemarin.

Ia mengatakan publik Malaysia dibesarkan dalam seni, sastra, dan budaya Indonesia sehingga ada beberapa hal yang dianggap menjadi milik mereka. "Saya menyukai lagu keroncong Kali Ciliwung, yang saat ini masyarakat Indonesia saja tidak tahu lagu itu," ujarnya.



Ia menyarankan Indonesia mematenkan kekayaan budayanya agar hal-hal tersebut tidak terjadi lagi.

Seperti diberitakan, lagu Rasa Sayange, yang dijadikan jingle iklan pariwisata di Malaysia, memicu kemarahan masyarakat Indonesia karena diklaim dan dipatenkan Malaysia sebagai kekayaan budaya Malaysia.

Saat ini pemerintah tengah menelusuri asal-muasal lagu Rasa Sayange. Menurut Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Andi Mattalata, Rasa Sayange penciptanya anonim. Lagu tersebut muncul dari Ambon, Manado, atau dari tempat lain.

Kepastian soal lagu ini bisa dibuktikan melalui penelusuran sejarah. "Ternyata pada 1960 sudah ada rekamannya di Lokananta," ujarnya. Dengan bukti ini, kata Andi, pemerintah akan mengklaim bahwa lagu itu punya Indonesia. AMANDRA MUSTIKA MEGARANI

Tidak ada komentar:



VISIT INDONESIA 2008
celebrating 100 years of nation's awakening